Categories
Uncategorized

Mengenal Genset 1 Phase

Generator set phase tunggal atau genset 1 phase  adalah generator listrik arus bolak-balik yang menghasilkan tegangan bolak-balik tunggal. Genset phase tunggal dapat digunakan untuk menghasilkan daya dalam sistem tenaga listrik phase tunggal. Oleh karena itu, genset satu phase ditemukan dalam aplikasi yang paling sering digunakan ketika beban yang digerakkan relatif ringan dan tidak terhubung ke distribusi tiga phase seperti generator mesin portabel. Genset phase tunggal yang lebih besar juga digunakan dalam aplikasi khusus seperti daya traksi phase tunggal untuk sistem elektrifikasi kereta api.

Distribusi listrik satu fase biasanya digunakan ketika beban utamanya adalah penerangan dan pemanasan, dan juga untuk motor listrik kecil. Pasokan fase tunggal yang terhubung ke motor listrik AC tidak akan menghasilkan medan magnet yang berputar sehingga motor fase tunggal memerlukan sirkuit tambahan untuk startup dan tidak biasa untuk peringkat daya di atas 10 kW. Tegangan dan frekuensi arus genset 1 phase tergantung juga pada negara atau wilayah karena akan disesuaikan berdasarkan kondisi. Tegangan 230 dan 115 Volt nilai yang paling umum untuk tegangan dan 50 atau 60 Hertz untuk frekuensi. Dalam set generator fase tunggal yang memiliki fase tunggal, daya total grup berlaku untuk fase tunggal ini. Ini menyiratkan bahwa satu peralatan atau mesin dapat mengkonsumsi hingga 100% dari total daya genset. Selain memiliki satu fase, mudah untuk mengontrol beban yang didukung generator untuk menghindari kelebihan beban  sehingga menghindari kemungkinan masalah atau kerusakan.

Mempertimbangkan beban yang harus ditanggung oleh genset fase tunggal atau tiga fase penting untuk menyesuaikan daya generator saat melakukan pembelian, untuk menghindari membayar daya lebih dari yang kita perlukan. Harus diperhitungkan bahwa ketepatan memilih generator lebih menguntungkan dalam hal efisiensi atau konsumsi yaitu ketika bekerja antara 75% dan 80% dari daya maksimumnya. Sehingga genset 1 phase paling direkomendasikan untuk instalasi listrik dengan beban daya kurang dari 10 kW dan selama peralatan atau mesin yang terhubung adalah fase tunggal. Generator satu fase ini sering digunakan pada tingkat individu yaitu di rumah-rumah atau instalasi kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *